Rabu, 27 Mei 2009

Perbaikan kinerja truk sampah

Kinerja truk sampah pada saat sekarang ini sudah harus diperbaiki. Karena selain meneteskan air lindi (leachate), bak sampah selalu dalam keadaan terbuka. Keadaan ini menimbulkan bau busuk di sepanjang jalan yang dilewati. Baik yang disebabkan oleh tetesan (spill) air lindi, juga dari sampah yang terhampar (exposure) ke udara bebas. Bau busuk ini menimbulkan alergi pada saluran pernapasan.

Untuk memperbaiki kinerja, sampah yang diangkut haruslah dalam keadaan kering dan bak sampah haruslah dilengkapi dengan lapisan plastik (plastic liner) untuk menghindari adanya tetesan pada saat pengangkutan. Bak (roll-off box) sampah juga harus ditutup dengan terpal (tarp) agar tidak terhampar ke udara bebas sepanjang perjalanan, dan terlindung dari hujan pada saat perjalanan.

Yang juga tidak kalah penting adalah kebersihan truk, roda, dan baknya. Bak truk haruslah selalu dalam keadaan bersih, tidak karat, dan pecah. Pintu belakang (tail gate) bak haruslah dapat ditutup rapat. Seal bak harus dalam keadaan baik. Roda harus selalu dicuci agar tidak mengkontaminasi jalan raya. Biasanya digunakan penyemprot bertekanan (high pressure sprayer) untuk mencuci. 99% truk sampah DKI haruslah segera diperbaiki, dan di cat ulang.

Perbaikan kinerja ini akan mengurangi biaya penanggulangan penyakit ISPA yang harus dibebankan pada masyarakat dan negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar